Kamis, 18 Februari 2010

K'naan, penyanyi hits Wavin' Flag (OST.WORLD CUP 2010)

"Wavin' Flag" adalah single resmi ketiga (kedelapan secara keseluruhan) FIFA World Cup 2010 yang dibawakan dan diciptakan oleh musisi Somalia-Kanada K'naan dari album Troubadour. Lagu muncul di soundtrack untuk video game NBA 2K10 dan telah remixed & dipilih sebagai lagu resmi Piala Dunia FIFA 2010 yang berjudul Wavin 'Flag

Mau baca selanjutnya??? klik Read More dulu...





Klik disamping untuk membuka foto K'naan:










K'naan, [nama lahir: Keinan Abdi Warsame (Somali: Keynaan Cabdi Warsame, Arab: كنعان وارسام)] pada tahun 1978, adalah Seorang musisi, penyair ,rapper, berdarah Somalia – Kanada. Lahir di Mogadishu, Somalia. K'naan menghabiskan masa kecilnya di Mogadishu dan tinggal di sana selama Perang Saudara Somalia, yang dimulai. Bibinya, Magool, adalah salah satu penyanyi paling terkenal Somalia. Kakek K'naan , Haji Mohamed, adalah seorang penyair. K'naan adalah seorang Muslim. Nama K'naan, berarti "pengembara" dalam bahasa Somalia.

Ayah K'naan, Abdi, meninggalkan negaranya, bersama dengan banyak intelektual lain untuk menetap di New York City dan bekerja sebagai sopir taksi. Dia mengirimkan uang ke rumah untuk keluarganya (seperti yang disebutkan dalam " If Rap Gets Jealous"(salah satu K’naan)). Ketika perang saudara terus berlanjut dan situasi di Somalia terus memburuk, Ibu K'naan, Marian Mohamed, mengajukan petisi kepada Amerika Serikat kedutaan untuk sebuah visa keluar. Pada tahun 1991, mereka meninggalkan Somalia.

Mereka bergabung dengan kerabat di Harlem, New York City, sebelum pindah ke Toronto (Kanada). Di negara barunya, K'naan mulai belajar bahasa Inggris, beberapa melalui hip hop album oleh artis seperti Nas dan Rakim. Meskipun tidak berbicara bahasa Inggris, K'naan muda belajar sendiri hip hop dan rap diksi, menyalin lirik dan gaya fonetis. Ia kemudian juga mulai merap sendiri. Dia putus sekolah di kelas sepuluh untuk melakukan perjalanan selama beberapa waktu , mengisi acara-acara dengan rapnya, dan akhirnya kembali ke Toronto.

Karir
K'naan menjadi seorang teman dan rekan promotor Kanada Sol Guy. Pada Komisi Tinggi PBB untuk Pengungsi pada tahun 1999, K'naan mengucapkan sepotong kata yang mengkritik PBB karena gagal misi bantuan untuk Somalia. Salah satu penonton, penyanyi Senegal Youssou N'Dour, sangat terkesan dengan penampilan K’naan tersebut muda dan keberanian yang kemudian mengundangnya untuk berkontribusi ke album Building Bridges 2001, sebuah proyek yang membawa K'naan tur keliling dunia.

Proyek ini menyebabkan karyanya di acara PBB lainnya, seperti Montreal Jazz Festival dan Pop Halifax Explosion. Hal ini juga membantunya bertemu produser Kanada Jarvis Church dan tim Track & Field pada tahun 2002, yang menghasilkan debut album The Dusty Foot Philosopher, yang dirilis pada tahun 2005 menjadi pujian kritis.

Pada tahun 2006, ia memenangkan Juno Award for Rap Recording of the Year, dan dinominasikan untuk 2006 Polaris Music Prize. Dia juga memenangkan Award BBC Radio 3 untuk World Music dalam kategori pendatang baru untuk tahun 2007.

The Dusty Foot Philosopher akan dirilis kembali dan re-packaged sebagai "Deluxe Edition" yang menampilkan campuran baru dan bonus DVD di Amerika Serikat (dan berbagai wilayah internasional) oleh perusahaan media yang muncul dan label rekaman iM (Interdependent Media, Inc) pada tahun 2008. Sejak itu, ia telah tur mempromosikan album dan bekerja untuk tindak lanjut rilis, "Troubadour," debut album untuk label baru.

Dia juga telah bekerja sama dengan artis seperti Nelly Furtado, Mos Def, The Roots, Dead Prez, dan Pharoahe Mönch pada tour seperti Live 8 dan Breedlove Odyssey. Ia juga bekerja sama dengan Damian Marley di "Welcome to Jamrock" sesi tur.

K'naan terus naik popularitasnya dengan berpartisipasi dalam BET Awards 2008 Cypher, Ini adalah penampilan perdananya di televisi Amerika. Album kedua, Troubadour, dirilis pada 24 Februari, 2009 pada A & M / Octone Records, dan akan didistribusikan melalui Universal Music Group di seluruh dunia. Dalam album single pertamanya, "ABC's", dirilis ke radio pada akhir 2008. K'naan telah tampil di beberapa video game seperti "Madden NFL 09" dengan lagu ABC's, dan "FIFA 06" dengan lagu Soobax.

Pada bulan September 2009, K'naan bekerja sama dengan J. Periode, seorang lahir LA DJ / produser, dan merilis "The Messengers", tiga volume proyek remix. Setiap volume memberikan tribute kepada ikon-ikon music seperti Fela Kuti, Bob Marley dan Bob Dylan. Itu dirilis, dan merupakan host online gratis di Jperiod.com / knaan.

K'naan juga melakukan tur dengan Jason Mraz selama musim panas tahun 2009 untuk Mraz's Gratitude Cafe Tour..
Sebuah single versi remixed K'naan "Wavin Flag" terpilih sebagai lagu resmi untuk Piala Dunia FIFA 2010 .

Gaya dan pengaruh
Kritikus mengatakan K'naan memiliki "suara yang sekering Bob Marley, hip-hop America yang semangat, dan puisi protes yang brilian." suaranya dan gaya telah dibandingkan dengan Eminem, tetapi subyek ini sangat berbeda. K'naan membuat musik sebagai pesan yang berbicara tentang situasi di tanah airnya di Somalia dan menyerukan untuk mengakhiri kekerasan dan pertumpahan darah.

K'naan telah mengatakan bahwa dia dipengaruhi oleh musik Somalia dan instrumen tradisional Somalia. Album terbarunya, Troubadour, juga menarik banyak sumber dari Ethiopia, terutama Ethio-Jazz oleh Alemayehu Eshete dan Tilahun Gessesse.

0 komentar:

Posting Komentar